Kamis, 23 Mei 2013

#Berbagi ala Femi Istiani

Bakti Sosial di Kamp. Gunung Batu III Desa Sukaharja
kec. Suka makmur – kab. Bogor

Sehubung dengan acara Milad Teknik yang ke-16 , Tepatnya pada tanggal 10-12 meii 2013 mahasiswa/i UHAMKA fakultas Teknik mengadakan acara Bakti Sosial di Kamp. Gunung Batu III Desa Sukaharja,  kec. Suka makmur – kab. Bogor .

Kami berangkat tanggal 10 Mei 2013 jam 09.00 wib dari kampus uhamka limau II kebayoran baru – Jaksel menuju kamp. Gunung Batu III , Saya sendiri  merasa sangat senang karena dapat bergabung di Tim Baksos ini , yang ada dipikiran saya saat itu campur aduk karena entah saya tidak tau yang akan terjadi di sana itu seperti apa dan apa saja kendalanya , belum lagi saya juga ditugaskan untuk mengajar anak-anak SD kelas 1 & 2 , jujur saya takut karna dari sebelumnya saya juga tidak pernah mengajar .

Akhirnya tepat pada pukul setengah 12 siang saya dan tim sampai ditujuan Alhamdulillah dengan selamat , dengan perjalanan yang cukup melelahkan karena tempat yang dituju masih bisa dibilang daerah yang terpencil , tanda tanya yang ada dipikiran saya akhirnya mulai terjawab satu per satu . Desa yang tenang tanpa bising suara lalu lalang kendaraan seperti diJakarta , udara yang sejuk pemandangan yang sangat luar biasa indahnya disekitar pekarangan sekolah . sangat prihatin melihat daerah yang sangat subur tetapi terlihat nampak jelas keadaan kelas , musholah dan mck yang tidak terawat . yang terbesit dipikiran saya sangat luar bisa guru-guru yang mau mengajar di MTS An-Nur tanpa bayaran sedikitpun dan yang luar biasa lagi pade & bude Arief dan warga sekitar yang masih peduli akan pendidikan yang memperjuangkan MTS An-Nur dari 2001 sampai sekarang masih tetap berdiri dengan baik dan sudah meluluskan dua angkatan dengan nilai yang sangat membanggakan .sesampai disana saya dan tim beristirahat sejenak kemudian langsung kerja bakti membersihkan kelas , mushola dan mck .

Keesokan harinya saya dan tim melanjutkan aktivitas , saya sangat nervous karena saya jujur masih bingung dengan materi yang harus saya sampaikan kepada  murid-murid kelas 1 & 2 karena saya takut mereka tidak mengerti dengan apa yang akan saya jelaskan nanti . saya dan tim pengajar yang bertugas di SD langsung menuju lokasi dan tim yang di SMP juga mempersiapkan semuanya agar pengajaran berjalan sesuai yang diharapkan .Sesampainya saya dan tim di sekolah SD cukup membuat saya menjadi deg-degkan apalagi melihat murid-muridnya yang terlihat sangat ceria bemain dilahan kosong samping sekolah . Akhirnya waktu belajar pun dimulai saya dan Ana Fitria Dewi rekan setim saya di SD langsung masuk kedalam kelas dan wooww sekali saya disambut begitu antusias dengan semangat anak-anak tersebut , melihat senyum mereka yang begitu polos dan ceria saya menjadi semangat untuk menyampaikan materi yang sudah disiapkan , Begitu besar antusias mereka untuk belajar mengenal teknologi karena mereka pun belum tau sama sekali komputer itu seperti apa dan untuk apa mereka tidak tau , cukup prihatin melihat mereka dijaman yang sudah modern ini tapi masih banyak saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan pendidikan yang layak , seragam sekolah mereka pun berfariasi , buku tulis yang mereka gunakan pun menurut saya sangat kusam tetapi dengan semangat yang mereka punya mereka mampu merubah kekurangan itu menjadi sebuah keberuntungan karna sudah dapat bersekekolah . Mereka sangat tertarik sekali dengan materi yang saya dan ana sampaikan apalagi mereka langsung praktek mengetik mereka sangat antusias sekali , anak-anak disana sangat sopan.

Kepolosan dan kejujuran mereka mengajarkan saya banyak hal walaupun hanya 1 hari saya mengajar mereka di SD , telah membuka mata saya lebar-lebar agar selalu bersyukur , mereka saja yang masih SD begitu semangat belajar dengan kondisi yang serba seadanya tanpa mengeluh sedikitpun terimakasih sudah mengajarkan tentang arti hidup yang sebenarya dengan senyuman ketulusan kalian murid-murid SD kamp. Gunung batu III , i will always remember you all ^^. Selesai mengajar saya dan tim langsung menuju kembali ke SMP untuk mempersiapkan acara selanjutnya menonton film “Laskar Pelangi” bersama-sama , hemm ternyata hujan pun datang dan listrik pun mati akhirnya menonton film menjadi sedikit terganggu tetepi dengan adanya mc. yang sudah handal acara tetap berjalan dengan Alhamdlillah lancar , setelah acara nonton bareng selesai saya dan tim ishoma kemudian evaluasi hari kedua sampai pukul sekitar jam10 malam untuk mempersiapkan kegiatan dihari tekhir di kamp. Gunung batu III yaitu bekerja bakti bersama murid-murid SMP .

Keesokan harinya saya dan tim setelah sarapan langsung mengerjakan tugas kerja bakti yang sudah dibagi-bagi untuk dikerjakan bersama-sama , selsesai kerja bakti saya dan tim beristirahat mandi, makan dan mempersiapkan barang bawaan masing-masing . Akhirnya setelah acara semua selesai saya dan tim melakukan penutupan acara dengan memberikan donasi secara simbolis setelah itu menerbangkan pesawat-pesawat kertas mereka yang sudah mereka tulis cita-cita mereka , semoga mereka menjadi pemuda-pemudi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan semoga semua apa yang mereka cita-citakan dapat terwujud . aamiin.........

Saya sangat berterimakasih kepada Pade dan Bude, teteh dan a’a dan warga sekitar yang telah menyambut kedatangan kami dengan baik . Dan juga yang saya banggakan ketua BEM kita Tirta Anhari , SC Naufal Ghifari , OC Wahyu Haryanto dan Semua panitia yang ikut serta dalam mensukseskan acara Bakti Sosial ini , tanpa adanya kerjasama yang baik di Tim mungkin acara ini tidak akan berjalan dengan baik , terimakasih kepada semua panitia yang sudah mau meluangkan waktunya , tenaga dan pikiran demi berjalannya acara Bakti Sosial ini semoga kerja keras kita semua dapat membuahkan senyum ceria anak-anak di kamp. Gunung Batu III .

KeepSpirit

GODBLESSYOUALL KMFT UHAMKA

-Femi Istiani-

0 komentar:

Posting Komentar